Kamis, 24 Februari 2011

Posting Tugas Materi Pertemuan ke-13

MULTIMEDIA
Rangkuman Materi Kuliah ke-13
Mata Kulah Pengantar Teknologi Informasi
Iryan Resmana
NIM :  10861012

Multi adalah banyak atau macam-macam, Media adalah alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi (American Heritage Electronic Dictionary, 1991). Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk : video, animasi, grafik, audio dan text.
Gambaran Multi media :

Beberapa definisi Multimedia :
Turban et al, 2002 :
“Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output, media ini dapat berupa audio (suara dan musik), animasi, video, teks, dan grafik/gambar.”
Robin dan Linda, 2001 :
“Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video.”
Hofstetter, 2001 :
“Multimedia dalam konteks komputer adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.”
Sejarah Singkat Perkembangan Multimedia
Multimedia berawal dari teater yang pertunjukannya memanfaatkan lebih dari satu media dan seringkali disebut pertunjukan multimedia, pertunjukan multimedia mencakup : monitor video, syntheisized band, dan karya seni manusia. Penelitian Morgan Stanley untuk mencapai sebanyak 50 juta pengguna di Amerika Serikat waktu yang dibutuhkan : televisi 13 tahun, TV kabel 10 tahun dan internet 5 tahun. Perkembangan internet diikuti perkembangan multimedia dan jumlah pengguna internet meningkat sangat pesat, layanan multimedia online sedang mengalami booming, teknologi komputer, elektronik, dan komunikasi menciptakan infrastruktur multimedia, penggunaan CD-ROM drive lebih dari 200 juta dan DVD drive mulai menggantikan CD-ROM drive.
Sistem multimedia
a.        Kombinasi media jika kedua jenis media (continuous/discrete) dipakai, contoh media diskrit adalah teks dan gambar, dan media kontinyu adalah audio dan video.
b.       Independence jika tingkat ketergantungan/keterkaitan antara media tersebut rendah. Komputer supported integration bahwa system harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer dan dapat deprogram oleh sistem programmer/user.
Pembagian sistem multimedia :
1.      Sistem multimedia stand alone merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic) dan output (speaker, monitor, LCD proyektor), VGA dan Soundcard
2.      Sistem multimedia berbasis jaringan sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar, perbedaannya adalah adanya sharing system dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama, contoh : video converence, permasalahannya bila bandwidth kecil akan terjadi kemacetan jaringan.
Stand alone multimedia vs multimedia base on network :
Stand alone multimedia mempunyai I/O device untuk menangkap data multimedia yang akan diproses tetapi untuk pelaksanaan proses playback dilakukan pemisahan antara media yang bergantung dengan waktu dengan media yang tidak bergantung pada waktu.
Multimedia base on network harus terhubung dengan jaringan, mampu melakukan sharing sistem dengan sumber data yang sama dimana komputer yang satu dapat melayani kebutuhan data multimedia dari komputer lain yang terhubung dalam jaringan sehingga dapat dijalankan aplikasi multimedia terdistribusi.

Aspek
Off line
On line
Player
Stand alone PC
Network dan internet
Mediaa
Dua jenis atau lebih
Dua jenis atau lebih
Pesan
Terintegrasi
Terintegrasi
Pembelajaran
Interaktivitas
Terprogram, closed, user dengan komputer
Interkoneksi, terprogram, open antara user dan narasumber
Komunikasi
Dua arah, terprogram, dan closed

Up dating
Versi baru
Kontinyu
Sifat
Statis
Dinamis
Konten
Multi
Multi

Mutimedia PC merupakan standar sistem komputer yang menyediakan fasilitas multimedia, multi media PC (standar) terdiri atas sebuah komputer dengan : CD-ROM drive/DVD drive, Sound Card (untuk recording dan playback), multimedia (music/movie) player, RAM dan Harddisk yang mencukupi, graphics adapter, speaker. Multimedia dapat digunakan dalam :
a.       Bidang Pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran terjadi secara interaktif dan dapat dipermudah karena didukung oleh berbagai aspek seperti suara, video, animasi, teks dan grafik
b.      Bidang jaringan dan internet membantu dalam pembuatan website yang menarik, informative dan interaktif.
Gambaran Media dalam Pembelajaran

Kemampuan multimedia :
a.       Mengubah tempat kerja, pekerja dapat melakukan pekerjaannya di luar kantor dengan menggunakan software teleworking, contoh : Netmeeting
b.      Mengubah cara belanja, homeshopping atau teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet
c.       Mengubah cara bisnis, perusahaan menggunakan system jual beli online dan bank menggunakan cara online-banking
d.      Mengubah cara memperoleh informasi, menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi misalnya membaca Koran online
e.       Mengubah cara belajar, sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajar online, dan menggunakan e-book
Hasil penelitian program pembangunan PBB (UNDP) tahun 2000 menunjukan kualitas SDM Indonesia berada pada urutan 109 dari 174 negara, jauh dibandingkan dengan Negara tetangga Singapura (24), Malaysia (61), Thailand (76), dan Philipina (77). Hasil studi International Education Achievment (IEA) menunjukan kemampuan IPA peserta didik di SMP Indonesia menempati urutan ke 40 dari 42 negara yang diteliti (Rukmana dalam Zulhemi, 2006), faktor penyebabnya adalah :
(1) guru, siswa, sarana dan prasarana, kurikulum dan komitmen bersama,
(2) motivasi belajar siswa rendah karena pada saat proses pembelajaran guru kurang menerapkan pembelajaran yang interaktif
(3) pembelajaran yang interaktif biasa diterapkan oleh guru dengan bantuan media pembelajaran, sarana komunikasi untuk menyampaikan materi pembelajaran.
Kontribusi media dalam proses pembelajaran :
1.      Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
2.      Pembelajaran dapat lebih menarik
3.      Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
4.      Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
5.      Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
6.      Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
7.      Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran sdapat ditingkatkan
8.      Peran guru berubah kearah yang positif
Peran media dalam pembelajaran :
1.      Membuat kongkrit yang abstrak
2.      Mengetengahkan bagian tertentu yang dianggap penting
3.      Memberikan pengganti pengalaman langsung
4.      Mendekatkan obyek yang sukar atau berbahaya untuk didekati
5.      Memberikan pengalaman segi pengamatan
6.      Menyajikan perbedaan warna secara visual
7.      Menyajikan informasi yang memerlukan gerak
Perkembangan dan jenis media :
a.       Cetak (generasi pertama)
b.        Radio/audio (generasi kedua)

c.       Televisi/video (generasi ketiga)
d.      Komputer/jaringan (generasi keempat)

Trend pemanfaatan media :
·        Integrasi adalah dua atau lebih dimanfaatkan secara terpadu untuk saling mengisi dan saling melengkapi.
·        Konfergen adalah penggabungan berbagai tipe media, teks, foto, grafik, suara, video, dan animasi kedalam satu buah media tertentu.
·        Interaktif adalah  adanya komunikasi dua arah antara media dengan pengguna dalam bentuk stimulus dan respon, multimedia interaktif menjawab tantangan pemanfaatan media yang terintegerasi, konfergensi dan interaktif.
Media dalam pembelajaran memiliki fungsi sebagai alat bantu untuk memperjelas pesan yang disampaikan guru dan untuk pembelajaran individu dimana kedudukan media sepenuhnya melayani kebutuhan belajar siswa.
1.      Multimedia presentasi
a.    Multimedia presentasi digunakan  untuk menjelaskan materi-materi yang sifatnya teoritis
b.    Digunakan dalam pembelajaran klasikal dengan group belajar yang cukup banyak diatas 50 orang
c.    Media ini cukup efektif sebab menggunakan multimedia projektor yang memiliki jangkauan pancar cukup besar
d.   Kelebihan media ini adalah menggabungkan semua unsur media seperti teks, video, animasi, image, grafik dan sound menjadi satu kesatuan penyajian, sehingga mengakomodasi sesuai dengan modalitas belajar siswa
e.    Program ini dapat mengakomodasi siswa yang memiliki tipe visual, auditrif maupun kinestetik
2.      Multimedia interaktif
Model pembelajaran multimedia interaktif diartikan sebagai suatu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (message), merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar, unsur-unsur MMI adalah teks, gambar, grafik, animasi, audio dan video
Manfaat  Multimedia interaktif :
a.       Meningkatkan motivasi belajar siswa
b.      Meningkatkan hasil belajar siswa
c.       Mereduksi miskonsepsi siswa
d.      Mengembangkan kopentensi guru
Siswa merasa tertolong dengan penggunaan MMI dalam hal memvisualisasikan konsep-konsep yang bersifat abstrak menjadi lebih konkrit, meningkatkan penguasaan konsep keterampilan berfikir kreatif dan keterampilan proses sain siswa, model pembelajaran MMI dapat meningkatkan nilai para siswa (konsep) sikap mereka terhadap belajar dan evaluasi dari pengalaman belajar mereka, multimedia pembelajaran dapat meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa dengan taraf kepercayaan 95%
Model multimedia interaktif :
1.      Model drill
Model drill salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih kongkrit melalui penciptaan tiruan-tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana yang sebenarnya biasanya dalam bentuk latihan soal-soal
2.      Model tutorial
Model tutorial merupakan program pembelajaran berisi tujuan, materi pelajaran, dan evaluasi pembelajaran dan pola dasarnya mengikuti pengajaran berprogram tipe Branching dimana informasi/mata pelajaran disajikan dalam unit-unit kecil, lalu disusul dengan pertanyaan dan respon jawaban dari komputer
3.      Model simulasi
Model simulasi merupakan salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih kongkrit melalui penciptaan simulasi-simulasi dalam bentuk pengalaman yang mendekati suasana yang sebenarnya
4.      Model games
Model games dikembangkan berdasarkan atas pembelajaran yang menyenangkan dimana pesrta didik akan dihadapkan pada beberapa petunjuk dan aturan permainan dalam konteks pembelajaran sering disebut dengan instructional games
Multimedia interaktif dalam pembelajaran guru dapat mengadopsi(menggunakan internet dan menggunakan CD pembelajaran), mengembangkan, membuat sendiri dan menerapkan di kelas. Sehingga guru harus menyediakan peralatan (komputer, LCD, dan audio system), butuh keahlian khusus (produksi dan operasi) dan sumber listrik harus tersedia dengan baik. Pemanfaatan internet dalam media pembelajaran adalah :
a.       Menjadikan internet sebagai sumber referensi materi pelajaran
b.      Memanfaatkan blog yang dikelola guru (pengajar)
c.       Tiap peserta didik dan guru mengelola blog masing-masing
d.      Menggunakan sarana jejaring sosial (facebook atau twitter)
e.       Menggunakan Learning Management System (LMS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar