Selasa, 04 Januari 2011

Tudas 3, Pengantar Teknologi Informasi

COMPUTER SYSTEM
Tugas  3
Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi
Oleh : Iryan Resmana

Agar komputer berfungsi sebagai pengolah data yang dapat menghasilkan informasi maka diperlukan sistem komputer (computer system).
Ada 3 elemen dalam sistem komputer yang yang saling berkaitan satu sama lainnya yang menjadi satu kesatuan.

  1. Hardware adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah. Secara umum fungsi hadware di bagi menjadi tiga kategori komponen, yaitu : input, output dan storage

  1. Software adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data, contohnya program aplikasi pengolah kata atau permainan. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu : sistem operasi, program aplikasi dan bahasa pemrograman.

  1. Brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.

PERANGKAT LUNAK (Software)

Perangkat lunak merupakan program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data, contohnya program aplikasi pengolah kata atau permainan.
Perangkat lunak terbagi menjadi 4 macam, yaitu :
  1. Sistem Operasi (Operating System)
Sistem Operasi (Operating System)  adalah program awal yang mengendalikan sistem kerja komputer yang mendasar yaitu mengatur kerja input, proses dan output termasuk mengatur memori dan jadwal kerja prosesor.
Beberapa contoh sistem operasi :
a.       IBM-DOS
b.      MS-DOS
c.       Microsoft Windows
d.      Linux
e.       Unix

  1. Program Aplikasi (Application Program)
Program Aplikasi (Application Program) adalah software yang dirancang khusus untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu.
Berdasarkan kebutuhannya program aplikasi di bagi menjadi :
a.       Word Processing merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolahan kata, contohnya Word Star, Word Perfect dan Microsoft Word. Aplikasi ini membantu kita dalam membuat dokumen surat, karya tulis


b.      Spreadsheet merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolahan angka, contohnya Lotus, Quattro dan Microsoft Execel.


c.       Presentasi merupakan aplikasi yang berorientasi untuk mempresentasikan makalah, contohnya Microsoft PowerPoint dan Macromedia Flash.


d.      Database merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolahan data, contohnya dBase III+, Microsoft Access.


e.       Desktop Publishing merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolahan gambar (desain grafis), contohnya Ventura, CorelDraw dan Photoshop.


f.       Multimedia merupakan aplikasi yang dapat digunakan dengan beberapa media baik melalui komputer, PDA, dan handphone, contohnya Winamp, Real Player.


g.      Internet merupakan aplikasi yang digunakan untuk membantu dalam pencarian aplikasi informasi dan komunikasi melalui jaringan internet, seperti Internet Explorer, Mozilla Fire Fox dan chat.



h.      CAD (Computer Aid Design) merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolahan rancangan kontruksi mesin ataupun bangunan, contohnya AutoCAD



  1. Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Bahasa Pemrograman (Programming Language) adalah software yang digunakan dan berfungsi untuk membuat suatu aplikasi dengan menggunakan bahasa-bahasa dengan aturan atau prosedur tertentu.
Ada 3 level tingkat bahasa pemrograman, yaitu :
1.      Bahasa tingkat rendah (low level language)
Bahasa ini disebut juga dengan bahasa mesin (assembler), dimana pengkodean bahasa ini dengan menggunakan kode angka 0 dan 1. 
2.      Bahasa tingkat tinggi (high level language)
Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa inggris.
3.      Bahasa generasi keempat (4 GL)
Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) ini merupakan bahasa yang berorientasi pada objek yang disebut dengan objek oriented programming (OOP)

  1. Program Bantu (Utility)
Program Bantu (Utility) adalah software yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiataan yang berhubungan dengan komputer, misalnya memformat disket, mengkopi data, mengkompres file.
Software ini diantaranya adalah :
a.      Norton Utility (Norton Commander, Norton Disk Doctor)

Norton Commander merupakan utility dalam mengelola file yang memberikan kemudahan dalam mengkopi file, membuat folder.
Norton Disk Doctor merupakan utility yang dapat membantu mengecek harddisk atau disk yang rusak dan memindah sektor-sektor yang rusak untuk tidak digunakan lagi

b.      WinZip

      aplikasi ini sangat berguna untuk mengkompres file. Mengkompres adalah mengubah ukuran file yang besar menjadi kecil, sehingga ketika akan membackup file tidak memakan ruang memori yang besar.

c.       Norton Ghost

     aplikasi ini membantu kita untuk membackup harddisk secara keseluruhan termasuk software sistem operasi dan aplikasi dan membackup partisi. Dengan norton ghost anda tidak perlu repot-repot untuk menginstal harddisk kosong, harddisk yang dikopi melalui norton ghost menjadi sama seperti harddisk sumbernya.

d.      Antivirus

     merupakan software utility yang membantu untuk memberikan keamanan komputer terhadap serangan virus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar